Bagaimana cara membuat vlog yang baik ?

Banyak sekali blogger yang sudah mulai merambah ke vlog, banyak dari mereka yang asik ngevlog karena ngevlog lebih menantang dan lebih bisa berinteraksi dengan pengunjung/penonton. Nah banyak yang ingin sekali memulai membuat vlog namun bingung bagaimana cara memulainya, apa saja yang perlu disiapkan untuk membuat vlog ?. Untk membuat vlog, ada beberapa yang harus disiapkan, ada beberapa syarat yang diperlukan untuk membuat vlog, menurut saya syarat terpenting adalah "Kemauan" atau keyakinan, keberanian untuk memulainya. Karena jika tidak punya kemauan/keberanian, maka vlog yang di idamkan hanyalah imajinasi yang tak akan ada habisnya, terus menjadi imajinasi.
Nah dengan ke-sok-tahuan penulis, penulis ingin menuliskan beberapa point yang perlu dipenuhi untuk bisa membuat vlog. 
1. Kamera : adalah syarat paling vital dalam ngevlog, karena tanpa kamera maka tak akan bisa membuat video (kecuali kamu mau membuat animasi 3D untuk ngevlog).
2. Materi : materi sangat menentukan apakah vlog bisa menarik untuk di tonton. Nah dalam materi ini, seorang vlogger seharusnya punya karakter ( menjadi diri sendiri ).
3. Edit Video : untuk menjadi vlogger, seharusnya bisa menguasai program editing video agar dapat memaksimalkan hasil video yang sudah di rekam sebelumnya menggunakan kamera. Kecuali bagi vlogger tajir yang bisa bayar orang buat edit videonya.
4. Sosial Media atau Media Publikasi : setelah punya kamera, punya materi, punya karakter dan punya hasil video yang matang, apalah daya jika video itu tidak dipublikasikan, tentunya perlu dipublikasikan agar bisa dinikmati banyak orang.
Tips sederhana ini adalah tips paling dasar, mungkin bagi vlogger yang sudah cukup berpengalaman tulisan ini hanyalah tulisan biasa yang tidak bermanfaat, tapi bagi saya ini adalah salah satu cara berbagi, walaupun sederhana dan alakadarnya semoga ada manfaatnya. Terima kasih sudah mampir ke blog ini, terima kasih banyak dan silakan baca tulisan lain.