Orang Gila `Kiriman` Bermunculan di Banjarnegara

Metrotvnews.com, Banjarnegara: Orang gila berkeliaran di sejumlah tempat atau jalan di Banjarnegara, Jawa Tengah, menjelang Lebaran 2011. Keberadaan mereka membuat pedagang maupun masyarakat setempat risih.

"Dalam dua hari ini banyak sekali orang gila yang berkeliaran di pasar. Para pedagang menjadi risih, bahkan pengunjung pun enggan mampir ke kios kami karena melihat ada orang gila di sekitar tempat ini," kata Prapto, seorang pedagang di Pasar Induk Banjarnegara, Senin (29/8).


Ia menduga maraknya orang-orang gila itu karena kiriman dari luar daerah. Sebab sebelumnya, kawasan itu termasuk minim orang gila. "Kami menduga orang gila yang bermunculan di Banjarnegara sejak dua hari lalu, sengaja dibuang dari luar daerah," lanjutnya..






Secara terpisah, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Banjarnegara Gatoto Yahya Setiadi mengatakan pihaknya akan segera mengecek ke lapangan untuk memastikan kebenaran mengenai maraknya orang gila di Banjarnegara.

Menurut dia, hal ini dilakukan untuk memberi kenyamanan dan keamanan bagi masyarakat khususnya yang hendak berbelanja untuk memenuhi kebutuhan menjelang Lebaran.

"Kami menduga orang gila yang marak berkeliaran di Banjarnegara merupakan buangan dari wilayah timur," katanya.

Dalam hal ini, kata dia, telah ada komitmen antara Banjarnegara dengan sejumlah daerah di wilayah barat untuk tidak saling membuang orang gila.

Terkait razia terhadap orang gila dan gelandangan, dia mengatakan, hal itu telah dilakukan secara rutin. Tetapi, orang gila dan gelandangan ini selalu bermunculan.(Ant/RRN)

Sumber : metrotvnews